PROGRAM WAKA KESISWAAN
MTs SALAFIYAH
Tahun Pelajaran 2020-2021
A. LATAR BELAKANG

Upaya peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia yang cerdas, terampil, berakhlak mulia dan mampu hidup bersaing adalah tuntutan dari perkembangan zaman pada saat ini. Oleh karena itu upaya peningkatan Sumber Daya Manusia ini harus diprogramkan secara terstruktur, berkesinambungan dan di evaluasi secara berkala. Hal ini menjadi semakin penting karena perubahan-perubahan akibat perkembangan Ilmu Pegetahuan Dan Teknologi (IPTEK) serta komunkasi menjadi semakin tidak kentara.
Salah satu bagian yang penting dalam upaya tersebut adalah sekolah sebagai fungsi pendidikan berkewajban untuk mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat, khususnya generasi muda sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional. Kompetensi penyelenggaraan pendidikan yang mengacu pada kompetensi peserta didik yang diarahkan pada kompetensi multiple intelegensi sangatlah diharapkan. Oleh karena itu Upaya pengembangan Potensi Diri Peserta didik sangatlah diperlukan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
B. TUJUAN
- Mengembangkan seluruh potensi peserta didik secara maksimal, baik potensi akademik maupun non akademik di MTs Salafiyah
- Menyiapakan warga negara menuju masyarakat belajar yang cerdas dan berakhlaqul karimah terutama di MTs Salafiyah
- Meminimalisir terjadinya pelanggaran ketertiban di MTs Salafiyah
C. RUANG LINGKUP PEMBINAAN KESISWAAN
1. Program Pembinaan Kesiswaan IPNU/IPPNU
2. program pembinaan pramuka
3. kordinator perlombaan
4. kordinator akhlaq santri
II. PROGRAM KEGIATAN KESISWAAN
No
|
JANGKA PROGRAM
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
TARGET
|
1
|
HARIAN
|
Mengkondisikan persiapan KBM sebelum jam pertama dan kelima
|
Siswa
|
Kedisiplinan dan kondusif
|
Cheking kerapian dan kelengkapan siswa
|
Siwa
|
Kedisiplinan dan kelengkapan siswa
|
||
2
|
MINGGUAN
|
Kegiatan pramuka
|
Guru dan siswa
|
Kedisiplinan dan kondusif
|
Evaluasi kedisiplinan dan ketertiban siswa
|
Siswa
|
Kedisiplinan dan problem solving
|
||
3
|
BULANAN
|
Mengupdate prestasi santri
|
Siswa
|
Menjaring siswa berprestasi
|
Pembimbingan kegiatan lomba
|
Siswa
|
Peningkatan prestasi siswa
|
||
Pembimbinan kegiatan IPNU dan IPPNU
|
siswa
|
Mengawal program IPNU dan IPPNU
|
||
4
|
TAHUNAN
|
Kegiatan PHBI dan PHBN
|
Siswa
|
Religious dan nasionalis
|
Pengenalan lingkungan sekolah
|
Guru dan siswa
|
Cinta madrash
|
||
Sosialisasi tata tertib madrasah
|
Guru dan siswa
|
Kedisiplinan dan kondusif
|
||
Anjangsana kerumah bapak ibu guru MTs, pondok, dan kyai pondok
|
Guru, siswa, dan pengurus pondok
|
|||
III. TATA TERTIB SISTEM SKORING
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
ROKOK
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
BUKU, MAJALAH DAN KASET TERLARANG DAN HP
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
OBAT / MINUM TERLARANG
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
KETERLAMBATAN
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
KEHADIRAN
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
KERAPIAN PAKAIAN
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
RAMBUT
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
Apabila ada pelanggaran yang sanksinya belum tercantum dalam tatatertib ini, maka sanksinya akan ditentukan oleh rapat guru. Sanksi yang diberlakukan kepada siswa atas pelanggaran berdasarkan bobot poin :
|
|||||||||||||||
|
|||||||||||||||
Blitar, 15 Juli 2020
Rizaldi Rahardian, S.Pd
Waka Kesiswaan
Leave a Reply